Sunday, October 16, 2016

Hijrah Menuju Gaya Hidup Sehat Dengan Olahraga


Assalamu’alaykum Dear Sisterfillah,
Apa kabarnya hari ini? Semoga kita semua selalu berada dalam lindungan Allah Subhanahu wa Ta’ala, sehat dan tidak berkekurangan apapun. Yang saat ini sedang  dalam kondisi tidak fit atau tidak sehat, semoga diberikan kesabaran, diampuni dosa-dosanya, dan diberikan kesehatan seperti semula.

Ngomong-ngomong tentang penyakit, ngerasa ga sih semakin kesini atau semakin umur kita bertambah, fisik kita jadi berkurang ketahanannya? Siapa hayoo yang merasakan hal itu?

Dear Sisterfillah, perlu kita ketahui bahwa dengan kemajuan teknologi dan perkembangan zaman sekarang ini membuat gaya hidup kita pun ikut berubah. Saat ini kita jadi lebih suka dengan yang praktis atau instan. Contohnya seperti makanan cepat saji, atau lebih memilih menggunakan lift atau tangga berjalan dibandingkan dengan tangga manual. Lebih suka mengendarai kendaraan bermotor dibandingkan berjalan kaki atau naik sepeda. Siapa hayoo yang merasa seperti itu?

Ditambah lagi udara yang semakin tercemar dengan polusi, terutama di kota-kota besar. Dengan atau tanpa kita sadari, hal-hal yang telah disebutkan diatas menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit dari mulai yang ringan seperti flu, batuk, demam, sampai penyakit yang berat misalnya tumor, kanker, jantung, diabetes, kolesterol, asam urat dan lain sebagainya. 



Lalu, solusinya gimana ya agar kita bisa terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya itu? Solusinya adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Nah Sisterfillah, pas banget nih lagi ada momentum tahun baru hijriyah,  mari kita jadikan sebagai awal untuk menuju gaya hidup sehat. Kita niatkan bahwa apa yang kita lakukan ini sebagai upaya untuk menjaga apa yang sudah dititipkan Allah pada kita, yaitu nikmat sehat. Selain pola makan yang sehat, olahraga memiliki peranan yang tidak kalah penting untuk menjaga kesehatan kita. Dengan berolahraga secara teratur, tubuh kita akan tetap fit dan tidak mudah sakit. Banyak orang sudah mengetahui manfaat dari olahraga, tetapi terkadang rasa malas lah yang membuat enggan berolahraga. Maka dari itu, mari kita niatkan dari sekarang untuk rajin berolahraga. Bisa dimulai dengan olahraga yang mudah dan ringan.

Olah raga lari/jogging (lari-lari kecil) merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat mudah diaplikasikan untuk kita yang tinggal di perkotaan. Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari olahraga lari, diantaranya : Menjaga berat badan agar tetap seimbang, mencegah osteoporosis bisa mengurangi resiko jantung koroner, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Aktivitas berlari bisa kita lakukan kapanpun. Pilihan waktunya juga sangat flexible. Tips dalam mengatur jadwal olahraga yaitu :

Pertama, bisa dilakukan di pagi hari sebelum memulai aktivitas.

Kedua, bisa juga dilakukan pada sore atau malam hari.

Ketiga, bisa dilakukan di akhir pekan ketika aktifitas tidak terlalu padat.

Pilihan waktu berlari ini bisa kita sesuaikan dengan ketersediaan waktu yang kita punya dengan catatan usahakan untuk konsisten dan komiten pada jadwal yang sudah kita buat.



Sulit mendapatkan running track?


Kami punya beberapa refensi tempat yang bisa Sisterfillah coba:

Jakarta, Sisterfillah bisa coba untuk lari di Gor Soemantri, Epiwalk (di taman depan Mall), Situ Gintung, Ragunan, Ecopark Ancol, Taman Jogging Kelapa Gading, GOR Jakarta Utara, Setu Babakan, Taman Mini, Taman Monas, dan Taman Suropati Menteng.

Depok, terfavorit ada di Universitas Indonesia.

Bogor, kami rekomendasikan Sisterfillah ke Institut Pertanian Bogor, GOR Bogor, Kebun Raya Bogor, atau Lapangan Sempur.

Running tracks di Tangerang juga oke punya lho. Yaitu, ada di Scientia Square Park (Summarecon Serpong), Taman Kota BSD, dan Bintaro Exchange.

Sebagai penutup, jangan lupa juga ya untuk selalu berdoa agar kita semua senantiasa diberikan kesehatan dan dijauhkan dari berbagai macam penyakit. Semangat berolahraga!






Love,


SLS Team



Contributor: Dina Amalia

Editor: Anisa Muthi’ah

Reference : www alodokter com

No comments:

Post a Comment