Wednesday, September 28, 2016

Must Have Item: Black Abaya

Assalamu'alaikum Dear Sisterfillah,

Tidak terasa musim Haji telah berlalu. Alangkah bahagianya ketika suatu saat nanti kita bisa merayakan Idul Adha di tanah suci sekaligus melaksanakan ibadah haji, ibadah yang dalam shahih Bukhari & Muslim disebutkan sebagai jihad yang paling utama bagi wanita. Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala mampukan kita untuk bisa merasakan nikmatnya haji yang mabrur.


‘Aisyah radhiallahu ‘anha bertanya kepada Rasulullah shallalallahu ‘alaihi wa sallam,

يَا رَسَوْلَ اللهِ، هَلْ عَلَى النِّسَاءِ جِهَادٌ؟ قَالَ:

Wahai Rasulullah, apakah ada jihad bagi wanita?” Beliau menjawab, “Jihad yang tidak ada peperangan di dalamnya, yaitu haji dan umrah.”

Sunan Ibni Majah II/968, no. 2901



Berhaji bukan hanya perkara niat, perlu persiapan yang matang agar dapat ibadah berjalan dengan baik. Bagi wanita, pakaian syar'i adalah salah satu hal yang perlu dipersiapkan selain perlengkapan lain saat berhaji. Abaya bisa menjadi salah satu pilihan pakaian yang bisa dikenakan saat berada ditanah suci. Pakaian yang identik dengan budaya timur tengah ini dipilih karena alasan syar'i dan mempermudah aktivitas ibadah. 
 

Pakaian dengan potongan yang longgar dan seringkali berwarna gelap ini telah bertransformasi menjadi pakaian yang tak hanya digandrungi oleh masyarakat timur tengah saja. Bahkan seperti dilansir oleh Style(dot)com/Arabia, rumah mode dunia "Dolce & Gabbana" secara resmi meluncurkan koleksi abaya pada tahun awal tahun 2016 dengan pilihan warna netral serta detil lace dan print. Di indonesia sendiri, abaya atau dikenal pula dengan nama gamis tentunya sudah tidak asing lagi, bahkan tersedia dengan pilihan model up to date dan warna yang sangat beragam.


Dari berbagai pilihan abaya saat ini, tim SLS akan mengulas salah satu abaya yang sepertinya tepat dijadikan must have item for muslimah, yaitu black abaya. Berikut adalah beberapa hal menarik mengenai abaya hitam atau black abaya, here we go:




Easy to mix and match for any occasion


Layaknya little black dress yang menjadi item wajib bagi pencina fashion, black abaya juga bisa dijadikan item wajib bagi muslimah karena warnanya yang netral sehingga sangat mudah dipadu-padankan dengan hijab ataupun outerwear untuk kegiatan sehari-hari. Tidak perlu khawatir akan  terlihat "menakutkan" karena menggunakan item serba hitam ini, pilihan hijab berwarna kontras, hijab bermotif cerah atau outerwear longgar berlengan 7/8 adalah salah satu solusinya. put your smile on to complete the look


Black never goes wrong. Salah satu trik agar abaya hitam selalu bisa dijadikan pilihan outfit adalah dengan menyesuaikan bahan abaya yang akan digunakan dengan waktu dan acara yang akan kita hadiri. Untuk aktifitas santai sehari-hari, abaya berbahan cotton atau polyster bisa menjadi piihan tepat. sedangkan abaya berbahan satin bisa dikenakan untuk acara formal dengan menambahkan aksen renda atau payet minimalis pada abaya dengan warna senada.




Simple and classic 


Sejalan dengan adab berpakaian bagi muslimah, abaya hitam hadir dengan memberi kesan sederhana dan klasik bagi penggunanya. Hitam sebagai warna netral seolah tak akan lekang oleh waktu (timeless) dan akan selalu ada dalam berbagai karya fashion yang terlihat sangat dinamis dan terus berkembang. Black is never out of date, right?


Abaya hitam dengan siluet longgar tanpa membentuk tubuh, ditambah dengan cutting atau potongan abaya yang clean tanpa layer  yang berlebihan, akan mempermudah muslimah yang sering melakukan aktifitas yang dinamis namun tetap terlihat syar'i dan sederhana.




Black save our day


Ada yang punya pengalaman terkena noda makanan, make up atau bekas oli ketika sedang beraktivitas? Atau parahnya lagi ketika abaya yang kita kenakan tanpa sengaja tersangkut eskalator di mall. Nah ditengah kejadian tak terduga tadi, paling tidak warna hitam akan menyelamatkan kita ketika tidak bisa langsung mengganti pakaian namun masih ada acara yang harus kita hadiri. Setidaknya noda-noda tadi tidak akan terlalu terlihat pada warna gelap setelah sebisanya dibersihkan.

Semoga ulasan kali ini bermanfaat ya Sisterfillah. Sebagai penutup, ada quote menarik yang dikutip dari salah satu designer fashion  berikut ini:

" You can wear black at any time.

You can wear it a any age.

You may wear it for almost any occasion."



Love,

SLS Team



Contributor: Dwi Purwani, Andriani Fath

Syariah Advisor: Fathimah Syauqi

Editor: Anisa Muthiah

No comments:

Post a Comment