Monday, June 13, 2016

Manfaat Mandi Setelah Sahur untuk Kecantikan


Assalaamu’alaykum sisterfillah, gimana shaumnya? masih terus semangat dong. masih semangat juga untuk menyantap sahur setiap hari kan? By the way, supaya wawasan sisterfillah makin bertambah tentang sahur, sepertinya ada baiknya  kita bahas sedikit ya tentang keutamaan sahur. Diantaranya :


Makan Sahur adalah barokah
Dari Abdullah bin Al-Harits dari seorang sahabat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam : Aku masuk menemui Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika itu beliau sedang makan sahur, beliau bersabda. “Sesungguhnya makan sahur adalah barakah yang Allah berikan kepada kalian, maka janganlah kalian tinggalkan'” [Hadits Riwayat Nasa’i 4/145 dan Ahmad 5/270 sanadnya Shahih].
  

 
Allah dan Malaikat-Nya Bershalawat Kepada Orang-Orang yang Sahur
Dari Abu Sa’id Al-Khudri Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.
“Sahur itu makanan yang barakah, janganlah kalian meninggalkannya walaupun hanya meneguk setengah air, karena Allah dan malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang sahur”.
[Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam Musnadnya (III/12-44) dengan sanad yang kuat].


 
Masya Allah.. Allah tuh perhatian banget ya sisterfillah. Sebelum menahan haus dan lapar, kita diingetin dulu untuk menyiapkan tenaga dengan sahur. Walaupun sahur itu tidak wajib melainkan sunnah, tapi dengan kita menyantap sahur, kita sudah nabung pahala, dapet barokah, dapet shalawat dari Alloh langsung dan para malaikatnya yang taat-taat itu pula. Makanya, manfaatkan waktu sahur kita dengan banyak berdoa.



Karena kenyang sehabis sahur, biasanya kita suka merasa ngantuk. Tahan dulu ya Sisterfillah. Jangan sampai setelah  shalat shubuh kita kebablasan tidur. Padahal pahala umrah dan haji menanti, seperti sabda Rasulullah berikut: 

“Barangsiapa yang shalat shubuh dengan berjama’ah kemudian dia berdzikir kepada Allah Ta’ala sampai terbitnya matahari lalu dia shalat dua raka’at, maka pahalanya seperti pahala berhaji dan ‘umrah, sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. At-Tirmidziy no.591)



Tips dari kami agar tetap segar saat shubuh adalah dengan mandi. Kadang banyak diantara kita yang males banget buat mandi di waktu ini, dengan alasan “dingin”lah, ngantuk lah, dan banyak diantara kita yang lebih milih untuk tidur-tiduran atau nonton televisi setelah selesai menyantap sahur. Padahal kalau kita telaah lebih jauh lagi banyak faedah yang kita dapetin.

Selain menghindari ngantuk, menurut penelitian, ternyata mandi pagi dengan air dingin tiap hari dapat memberikan efek baik terhadap gejala-gejala depresi loh. Dengan pikiran yang bahagia dan tubuh yang sehat dapat menjaga keremajaan kulit kita dan menambah kecantikan kita. gak percaya?? Cobain aja.. ^_^.

Sisterfillah yang cantiknya luar dalam, jangan sampai kita sia-sia kan bulan Ramadhan kita ya sisterfillah, rajut terus semangat kita untuk mengumpulkan pundi-pundi pahala dari waktu sahur hingga berbuka. Dari mulai kita membuka mata, hingga kita terlelap. Semoga Sharing kali ini bermanfaat untuk kita semua.






Contributor: Andriani Fath
Syari’ah Advisor: Fathimah Syauqi
Reference: alodokter com

No comments:

Post a Comment